Mengenai Saya

Foto Saya
Blog ini sengaja dibuat untuk menampilkan semua informasi, mohon maaf bila ada hal yang tidak berkenan, besar harapan saya semoga bermanfaat.salam vandy

Info Paling Populer

Jumat, 10 September 2010

panduan penggantian onderdil untuk bmw bekas

Sharing pengalaman rekondisi BMW seken
Berikut ini daftar penggantin parts2 yg biasa saya lakukan untuk BMW seken yg baru saya beli.
Contoh mengacu ke BMW E30 dan BMW E36, untuk tipe lain tinggal disesuaikan saja, idenya kurang lebih sama
Dari daftar berikut tinggal dilengkapi dengan info harganya supaya ketahuan budget totalnya berapa untuk bisa dibuat prioritas perbaikan yg akan dilakukan

1. Ganti oli mesin, pake SAE 10W-40
2. Ganti oli transmisi, pake Redline MTL, atau SAE 90 GL-4
3. Ganti oli gardan, pakai SAE 75W-90 GL-5
4. Kuras radiator, ganti pakai Prestone atau campur sendiri pakai air tetesan AC (atau air aki tutup biru) dan coolant BMW
5. Kuras minyak rem, pake DOT 4 buatan ATE
6. Ganti timing belt dan 2 tensionernya
7. Ganti filter oli, filter bensin, filter udara
8. Ganti busi
9. Ganti thermostat, balikin ke std 88C
10. Ganti waterpump, tanggung soalnya kerjaannya sekalian sama ganti timing belt
11. Ganti selang radiator masuk dan keluar
12. Cek / ganti radiator bila perlu
13. Cek/bersihkan atau ganti ICV bila perlu
14. Cek TPS, ganti bila perlu
15. Cek kabel TD, ganti bila perlu
16. Ganti engine coolant temp sensor dan engine temp sensor
17. Cek / ganti semua selang power steering dan kuras sekalian cairan power steering-nya
18. Cek steering pump, klo bocor, ganti seal steering pump
19. Cek steering rack, klo bocor ganti seal steering rack
20. Cek brake disc depan, ganti klo sdh tipis, pake buatan Lemforder atau Brembo
21. Ganti brake pad depan dan belakang, pake buatan ATE
22. Ganti belt alternator, belt AC dan belt power steering
23. Ganti bushing control arm depan
24. Ganti ball joint panjang dan pendek
25. Ganti tie rod steer
26. Cek / ganti lager roda depan dan belakang
27. Cek / ganti mounting atas S/A depan dan belakang
28. Cek /ganti S/A depan belakang
29. Ganti karet tatakan per, atas dan bawah, depan dan belakang
30. Cek / ganti camshaft, rocker arm dan HVA
31. Ganti mounting mesin, transmisi dan gardan
32. Ganti kopling set
33. Servis AC (kompresor, dryer, condensor, evaporator) dan ganti freon
34. Ganti selang2 bensin, terutama selang kecil yg suka jadi penyebab terbakar
35. Cek / ganti visco
36. Cek / ganti aki
37. Ganti mounting as belakang
38. Cek / ganti karet kopel (torsional vibration damper)
39. Cek / ganti selang rem
40. Cek / ganti ban (195/65-14), atau sesuai ukuran velg yg dipakai
41. Cek balans dan spooring. Setelah itu tiap 10.000km rotasi ban
42. Cek AFM, recarbon bila perlu dan setel CO serta uji emisi untuk dapet sertifikat
43. Ganti sekering2, pakai yg bagus, jangan yg transparan
44. Ganti semua bohlam2, setel kembali sorotan lampu depan

Paling tidak itulah yg sebaiknya dicek/diganti
Dijamin kondisinya akan seperti baru, senyap dari bunyi2an yg aneh2
Dari pengalaman sediakan minimum budget 5jt - 10jt tergantung apa saja yg diganti dan tergantung kondisi mobil yg kita ambil. Makin rata2 harganya, makin banyak yg diganti biasanya

Kalo itu semua sudah, tinggal daftar berikut:
1. Cek /ganti head unit
2. Cek interior, ganti door trim dan bungkus jok
3. Ganti kaca film bila perlu, pake 3M atau Perfection, atau merk lain sesuai selera
4. Cat ulang seluruh body (cari bengkel body yg bagus kerjaannya) atau poles pakai bahan yg bagus (Meguiars misalnya)

Untuk 4 terakhir ini butuh 30jt-an klo harus cat ulang dan ganti doortrim dan bungkus jok yg kulit, bukan MB-Tech

Investasinya memang besar didepan, tapi kita bener2 naik BiEm, tidak bolak balik ke bengkel.

Dan klo sdh perfect begini jangan dijual lagi dariapda sakit hati kalo ditawar harganya sama pedagang
Mending nambah BiEm, krn pembeli pasti ngeliatnya harga pasaran, kecuali kalo beruntung dapet pembeli yg menghargai upaya restorasi yang kita lakukan

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar